enaknya gudeg yu djum jogja

Semangat mulai pagi hari di Yogyakarta dengan menikmati gudeg gudeg sebagai menu sarapan. Jl. Wijilan yang letaknya tidak jauh dari daerah Kraton Yogyakarta di pusat kota Yogyakarta, telah lama dikenal sebagai “gudeg desa” adalah. Pintu masuk adalah berupa gapura putih yang masih kokoh peninggalan Kerajaan Mataram. Salah satu gudeg terkenal yang ada di Jl. Wijilan No.167 Yogyakarta adalah Gudeg Yu Djum.


Nama Yu Djum berasal dari Djuwariah. Gudeg Yu Djum didirikan pada tahun 1950, beberapa tahun setelah Gudeg Bu Slamet (pertama gudeg Wijilan, 1942). Ketika pertama kali berdiri, warung gudeg ini disebut Warung Gudeg Ibu Djuwariah. Awalnya dipelopori oleh Yu Djum yang menjual di trotoar Jalan Wijilan Yogyakarta. Sampai sekarang Gudeg Yu Djum telah menjadi toko gudeg paling terkenal di Jogja. Gudeg Yu Djum ini terkenal kegembiraan. Dimasak memakai kayu bakar, ini adalah salah satu rahasia mengapa Gudeg Yu Djum lezat. Sampai sekarang Yu Djum yang lebih dari 80 tahun memasak sendiri menjual gudeg.
Jenis gudegnya adalah gudeg kering sehingga lebih tahan lama, tidak mudah basi dan lebih cocok untuk souvenir dari gudeg basah. Hidangan ini benar-benar kering, kecoklatan, dan rasanya tidak terlalu manis di lidah. Sama dengan gudeg lain, satu porsi Gudeg Yu Djum berisi beras, gudeg plus areh kental, sambal krecek dan lauk. Lauk pauk bervariasi tergantung pada keinginan Anda. Ada direbus telur yang memiliki rasa sehingga rasanya manis, tahu, tempe, daging ayam, ampela ati, potongan ayam bagian tubuh seperti kepala, dada, paha atasnya, dan sebagainya. Sambal goreng krecek juga merupakan kering. Dengan campuran tolo pedas, dan asin merah, rasanya sangat baik untuk dinikmati dengan nasi gudeg. Selain itu, ditambah telur rebus warna kecoklatan dan ayam saus arehnya semakin menambah rasa lezat hidangan ini khas Yogyakarta.
Harga Gudeg Yu Djum juga tidak terlalu mahal. Nasi gudeg, krecek, dan telur biaya Rp 10.000. Jika memesan dengan tambahan dada ayam, harga dapat mencapai Rp30.000 per porsi gudeg yang lengkap. Tapi, itu dijamin lezat sesuai harga. Selain itu dapat dinikmati di tempat, Gudeg Yu Djum juga Anda dapat mengambil rumah sebagai souvenir. Untuk Kemasan, Anda dapat memilih dengan kardus, besek atau bahkan menggunakan kendil. Menu yang paling diminati pengunjung untuk mengambil rumah adalah lengkap gudeg kendil, yang terdiri dari gudeg, krecek, telur dan ayam. Gudeg harga cukup mahal, antara Rp 150.000 untuk Rp 200.000 untuk satu ekor ayam dan 10 telur.
Sampai sekarang Gudeg Yu Djum memiliki banyak cabang yaitu; Jl. Kaliurang Km 4.5 Yogyakarta (Timur MM UGM), Jl. Wijilan No.167 Yogyakarta (Timur alun alun Utara), Jl. Kaliurang Km. 5 Kong gg. Sri Katon 2 Yogyakarta, Jl. Laksda Adisucipto KM. 9 No. 6A Jogja (dekat Bandara adisucipto), Jl. Dagen No. 2C (Malioboro), Yogyakarta, Jl. AM sangaji No.93 Monjali Yogyakarta (Utara Hotel Tentrem), jl Wates km 12 kalakan, bantul. Gudeg merupakan masakan khas Yogyakarta, yang terdiri dari nangka muda rebusan dan santan. Warna makanan ini menjadi kecoklatan karena direbus dengan campuran daun jati. Gudeg Yu Djum ini juga tahan lama bahkan diambil luar kota. Itu karena gudeg sengaja dimasak kering dan dapat tiga hari terakhir jika disertakan dalam lemari es. Ketika itu akan dimakan, guded cukup dikukus. ««««Dijamin, rasa gudegnya masih menyenangkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s